RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
3.1. Identifikasi Informasi Teks Deskripsi
Sekolah | : | MTsN 7 Agam |
---|---|---|
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | VII/Ganjil |
Materi Pokok | : | Teks Deskripsi |
Alokasi Waktu | : | 60 menit |
A.Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Memahami pengertian teks deskripsi
- Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
- Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
- Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
B.Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar
- Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, LCD Proyektor
- Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus
- Sumber Belajar: Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2017
C.Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
- Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan dan manfaat) dengan mempelajari materi : pengertian teks deskriptif
- Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
- Kegiatan Literasi Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi pengertian teks deskriptif.
Teks 1
Parangtritis Nan Indah
Teks 2
Ayah, Panutanku
- Critical Thinking Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi pengertian teks deskriptif.
- Siswa Membaca kedua teks di atas
- Siswa mengajukan dan membuat 5 pertanyaan tentang teks di atas
- Siswa Membaca kedua teks di atas
- Collaboration Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai pengertian teks deskriptif.
Ananda bergabung dalam kelompok belajar dengan ketentuan kelompok berdasarkan urutan absen
- Kelompok 1 adalah :1, 6, 11, 16, 21, 26, 31, 36
- Kelompok 2 adalah :2, 7, 12, 17, 22, 27, 32
- Kelompok 3 adalah :3, 8, 13, 18, 23, 28, 33
- Kelompok 4 adalah :4, 9, 14, 19, 24, 29, 34
- Kelompok 5 adalah :5, 10, 15, 20, 25, 30, 35
Tugas Kelompok
Setiap kelompok membuat :
- Membuat 1 pengertian teks deskripsi
- Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
- Menentukan ciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan pada teks yang dibaca/didengar.
- Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
- Communication Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok ke depan kelas
- Kelompok lain memperhatikan dan menanggapi hasil presentasi kelompok yang tampil
- Presentasi dimulai dari kelompok yang duluan siap
- Creativity Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait pengertian teks deskriptif. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami.
<
- Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
- Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
Tugas_1 KD 3.1.
Buat pada Buku Latihan, Sumber Belajar:
Tugas_1 KD 3.1. Pengertian Teks Deskripsi
Buat latihan berdasarkan Teks 1 di atas
Catatan
- Teks deskripsi adalah teks yang berisi penggambaran suatu objek, tempat atau peristiwa tertentu kepada pembaca secara jelas dan terperinci. Pembaca seolah-olah melihat mendengar dan merasakan sendiri sesuatu yang dideskripsikan oleh penulis.
- Ciri-ciri teks deskripsi : Teks deskripsi adalah teks yang berisi penggambaran suatu.
- Ciri objek yang dideskripsikan; Objek yang dibicarakan pada teks deskripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek izin) Objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal. Ciri ini tergambar pada judul berisi objek pada konteks tertentu (Si Bagus Kucingku, Ibu Kebanggaanku). Hal yang dibicarakan khusus kucing bernama Bagas yang kemungkinan nemiliki sifat berbeda dengan kucing-kucing yang lain. Demikian juga ibu yang dideskripsikam ,memiliki tanggapan khusus sesuai dengan pendapat penulis tentang ibu yang bisa jadi berbeda dengan ibu ppada umumnya).
- Cisi Isi, Isi teks deskripsi diperinci menjadi perincian bagian-bagian objek, Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret (menggambarkan wisata yang indah akan dikonkretkan indahnya seperti apa, menggambarkan ibu yang baik akan dikonkretkan baiknya seperti apa) Dengan demikian, teks teks deskripsi banyak menggunakan kata khusus (warna dikhususkan pada kata hijau, biru toska, oranye); Isi teks deskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga menggunakan kata-kata dengan emosi kuat (ombak menggempur, kemolekan pantai, ibuku yang tangguh).
- Jenis teks deskripsi, ditinjau dari bentuk teks deskripsi dibedakan menjadi dua kategori yaitu teks deskripsi berdiri sendiri sebagai teks dan deskripsi yang menjadi bagian teks lain (Cerpen, novel, lagu, iklan, dll)
- Majas adalah salah satu bentuk gaya bahasa untuk mendapatkan suasana dalam sebuah kalimat agar semakin hidup, Majas perbandingan merupakan gaya bahasa dengan menggunakan kata kiasan dalam menyatakan suatu perbandingan. Dengan majas ini, maka akan memberikan kesan imajinatif serta mempengaruhi pembaca atau pendengar agar kiasan lebih hidup.
- Ciri teks deskripsi dari segi penggunaan bahasa:
- menggunakan kata-kata khusus untuk mengkonkretkan (warna dirinci, merah, kuning, hijau)
- Menggunakan kalimat rincian untuk mengkonkretkan (Ibuku orang yang sangat baik). Dia berusha menolong orang. Dia Rahmah dan tutur katanya lemut kepada siapa saja).
- Menggunakan kata sinonim dengan emosi kuat (indah diungkapkan dengan sinonim yang memiliki emosi kuat yaitu elok, permai, molek, menggunakan, memukau, menakjubkan).
- Menggunakan majas untuk melukiskan secara konkret (pasir pantai lembut seperti bedak bayi, hamparan laut biru toska seperti permadani indah yang terbentang luas, angin pantai dengan lembut mengelus wajah kita)
- Menggunakan kalimat rincian (Terumbu karang berwarna warni. Ada terumbu karang oranye, abu-abu, hijau muda).
- Menggunakan bahasa sehingga pembaca seolah-olah melihat mendengar dan merasakan apa yang dideskripsikan.
- Teks deskripsi yang memunculkan kata ganti orang (Kucingku, Ibuku, memasuki wisata ini Anda akan disambut)
Selalulah membaca dan memahami pelajaran-Terima Kasih
Selanjutnya : 4.1. Menentukan Isi Teks Deskripsi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar