RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
4.1. Menentukan Isi Teks Deskripsi
Sekolah | : | MTsN 7 Agam |
---|---|---|
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | VII/Ganjil |
Materi Pokok | : | Teks Deskripsi |
Alokasi Waktu | : | 60 menit |
A.Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya)
- Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
- Merinci bagian-bagian struktur teks deskripsi
- Menentukan bagian identifikasi dan deskripsi bagian pada teks deskripsi yang disajikan
- Menentukan variasi pola pengembangan teks deskripsi
B.Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar
- Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, LCD Proyektor
- Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus
- Sumber Belajar: Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2017
C.Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
- Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan dan manfaat) dengan mempelajari materi : Isi teks deskriptif
- Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
- Kegiatan Literasi Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Isi teks deskriptif.
- Critical Thinking Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Isi teks deskriptif.
Tugas Kelompok
Setiap kelompok membuat :
- Apa yang dibicarakan pada teks di atas?
- Keindahan dibagian mana saja dari Pantasi Senggigi yang dipaparkan?
- Apa tujuan penulis menampilkan teks di atas?
- Bagaimana penulis menggambarkan keindahan Pantai Senggigi? (beri alasanmu...)
- Collaboration Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Isi teks deskriptif.
Ananda bergabung dalam kelompok belajar dengan ketentuan kelompok berdasarkan urutan absen
- Kelompok 1 adalah :1, 6, 11, 16, 21, 26, 31, 36
- Kelompok 2 adalah :2, 7, 12, 17, 22, 27, 32
- Kelompok 3 adalah :3, 8, 13, 18, 23, 28, 33
- Kelompok 4 adalah :4, 9, 14, 19, 24, 29, 34
- Kelompok 5 adalah :5, 10, 15, 20, 25, 30, 35
- Communication Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok ke depan kelas
- Kelompok lain memperhatikan dan menanggapi hasil presentasi kelompok yang tampil
- Presentasi dimulai dari kelompok yang duluan siap
- Creativity Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi teks deskriptif. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
- Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D. Penilaian Hasil Pembelajaran
- Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
Tugas_2 KD 4.1.
Buat pada buku LatihanSumber : Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2017 mulai halaman 15
Materi hari ini melanjutkan pelajaran yang lalu: Membaca, memahami, dan meringkas sampai halaman 35.
Dan yang sudah siap Membaca, memahami, dan meringkas sampai halaman 35 tulis nama di komentar di bawah!
Sebelumnya : 3.1. Identifikasi Informasi Teks Deskripsi
Selanjutnya : 3.2. Menelaah Struktur dan Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi
Baik Pak 😃
BalasHapusDhea Husni fikra
BalasHapusSyahril Maulana
BalasHapusLovely Irza Azzahra hadir pak 🙋
BalasHapus