RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
4.2. Menyajikan data gagasan Kesan dalam bentuk Teks Deskripsi
Sekolah | : | MTsN 7 Agam |
---|---|---|
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | VII/Ganjil |
Materi Pokok | : | 4.2. Menyajikan data gagasan Kesan dalam bentuk Teks Deskripsi |
Alokasi Waktu | : | 60 menit |
A.Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Merencanakan penulisan teks deskripsi
- Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
- Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek
B.Media Pembelajaran, Alat dan Sumber Belajar
- Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, LCD Proyektor
- Alat/Bahan : Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop & infocus
- Sumber Belajar:
Buku Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII, Kemendikbud, Tahun 2017 halaman 36
C.Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
- Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan dan manfaat) dengan mempelajari materi : Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek.
- Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,
- Kegiatan Literasi Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek.
- Critical Thinking Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Menyajikan data, gagasan, kesan dalam bentuk teks deskripsi tentang objek..
Tugas Kelompok
Setiap kelompok membuat :
Tugas kelompok Prosedur/ langkah menulis teks deskripsi. - Merencanakan penulisan teks deskripsi
- Menulis teks deskripsi dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah penggunaan kata kalimat/ tanda baca/ejaan
- Menyajikan secara lisan teks deskripsi dalam konteks pembawa acara televisi mendeskripsikan objek
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Prosedur/ langkah menulis teks deskripsi..
Ananda bergabung dalam kelompok belajar dengan ketentuan kelompok berdasarkan urutan absen
- Kelompok 1 adalah :1, 6, 11, 16, 21, 26, 31, 36
- Kelompok 2 adalah :2, 7, 12, 17, 22, 27, 32
- Kelompok 3 adalah :3, 8, 13, 18, 23, 28, 33
- Kelompok 4 adalah :4, 9, 14, 19, 24, 29, 34
- Kelompok 5 adalah :5, 10, 15, 20, 25, 30, 35
- Communication Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok ke depan kelas
- Kelompok lain memperhatikan dan menanggapi hasil presentasi kelompok yang tampil
- Presentasi dimulai dari kelompok yang duluan siap
- Creativity Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Isi teks deskriptif. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
- Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Guru bertanya kepada peserta didik tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
D. Penilaian Hasil Pembelajaran
- Penilaian Pengetahuan berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
- Penilaian Keterampilan berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
- Sumber Bacaan
Tugas_4 KD 4.2.
Sebelumnya : 4.1. Menentukan Isi Teks Deskripsi
Selanjutnya : 3.3. Mengidentifikasi Unsur-unsur Cerita Fantasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar